Rabu, 11 Oktober 2017

BAHAYA MEROKOK BAGI PEROKOK TERUTAMA BAGI REMAJA




Rokok merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat.  Seiring ini jumlah perokok kian meningkat. Utamanya bagi perokok remaja yang kian hari kian bertambah pula jumlahnya khusus di negara berkembang ini. Hal ini menjadi tantangan berat untuk upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Rokok merupakan pembunuh secara perlahan-lahan, rokok akan menghancurkan satu per satu sel yang ada di dalam tubuh kita. Rokok mengandung ribuan zat dimana 50 persen diantaranya telah diklasifikasikan sebagai zat yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Zat-zat lain yang berbahaya dan sering disebut antara lain adalah Tar dan Nikotin. Tar adalah suatu zat yang menyebabkan kanker. Sedangkan Nikotin adalah zat yang dapat merangsang saraf dan otak sehingga menimbulkan efek kecanduan.
Hal inilah yang membuat seorang perokok seringkali sulit melepaskan diri dari jeratan rokok. Dari keseluruhan kasus penyakit jantung yang terjadi pada manusia, 25 persennya merupakan akibat dari merokok. Sebagai masyarakat yang sadar akan kesehatan, maka kita harus melakukan sesuatu dalam mensosialisasikan bahaya merokok. Semua pihak, baik itu orang tua, guru, masyarakat dan juga pemerintah harusnya melakukan sosialisasi tentang bahaya merokok bagi pelajar sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing. Salah satu contohnya yaitu jika anak memiliki waktu luang maka tugas orang tua adalah mendorongnya dalam kegiatan yang positif sehingga mereka tidak ada waktu untuk merokok. Anak harus selalu dipantau agar tidak terjerumus kedalam lubang kehancuran.
Membudayakan hidup sehat yang bebas rokok harus dimulai dari sekarang. Lebih baik anda meninggalkan rokok saat ini dalam keadaan masih sehat dan bugar daripada nantinya anda harus meninggalkan rokok dalam keadaan sakit kritis dan diujung kematian. Merokok merupakan kegiatan merusak tubuh terlebih lagi merokok banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya.


NAMA                         : 1) DELA KUMALANINGSIH            (08)
              2) INTAN PUSPITASARI                 (15)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar