Jumat, 06 Oktober 2017

KENAKALAN REMAJA



Tesis :
          Remaja adalah masa perahilan kanak kanak menuju dewasa atau masa dimana seseorang mulai mencari jati dirinya. Berkaitan dengan proses pencarian jati diri,  emosi remaja masih belum terkendali (labil) dan pola pikirnya belum matang.
          Pada masa ini remaja masih rentan akan pengaruh dari luar sehingga masih belum bisa membedakan yang benar dan yang salah.Apalagi  pada zaman modern seperti ini media sosial digunakan sebagai penghubung pengaruh dari luar yang bersifat umum sehingga remaja mudah mengenal dunia luar.Beberapa contohnya ialah remaja sudah mengenal pacaran, rokok,narkoba,seks bebas dan terlibat tindakan kriminal lainnya.
Argumen :
          Pacaran menjadi salah satu contoh tindak kenakalan remaja yang paling berbahaya. Perkembangan teknologi bagaikan pisau bermata dua, disatu sisi bermanfaat karena lebih memudah kan mereka dalam berhubungan, di sisi lain juga bisa berdampak buruk pada remaja. Dengan teknologi yang sangat canggih itu, dunia serasa kecil. Bisa dibilang kita bisa menjelajahi dunia hanya dalam satu waktu, bisa mendapat informasi di dunia manapun tanpa ada batasnya, sehingga itu juga bisa mengubah kebiasaan manusia. Karena pengaruh budaya luar negeri yang terbilang bebas, kita seolah mengikuti budaya itu. Di era modern saat ini remaja berpacaran secara tidak sehat.Dimana pacaran yang mereka lakukan sering melewati batas yang dapat meranah ke konten dewasa atau sex bebas. Pola pikir dan emosi yang tidak terkendali membuat remaja tidak berpikir panjang saat melakukan hal hal di luar batas.
          Kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua memicu terjadinya pacaran yang tidak sehat.Sebagai orang tua sudah menjadi kewajibannya menuntun anaknya ke jalan yang benar.Orang tua sering kali mengabaikan anaknya diusia remaja yang munurutnya  sudah berpikiran matang,padahal pada usia ini remaja membutuhkan dorongan dan nasehat orang tua untuk mencari jati dirinya.Selain hal tersebut,kesibukan orang tua menjadi pemicu kenakalan remaja. pada diri remaja seharusnya sudah ditananmkan nilai nilai agama sejak dini, selain itu pemahaman mengenai pergaulan dengan teman harus diperhatikan, karena terkadang jiwa kenakalan remaja timbul akibat pengaruh dari pertemanan.
 Penting akan adanya kerja sama antara remaja, orang tua, pihak guru, dan pihak lain lainya yang berkaitan agar perkembangan remaja dapat dilalui secara terarah, sehat dan bahagia.

Penegasan ulang :
          Kenakalan remaja pada zaman sekarang harus segera diberantas untuk menyelamatkan generasi masa depan.Sebagai orang tua dibutuhkan pemahaman yang baik agar mengerti pola pikir dan emosi anaknya yang belum stabil. Maka orang tua berkewajiban penuh untuk memberikan nasehat dan menuntun anak nya hingga dewasa atau sudah memiliki pola pikir dan emosi yang terkendali. Hal tersebut harus segera ditindakkan agar generasi masa depan terselamatkan.

·       Halimah Fatayatul Husna      ( 14 )
·       Meyta Rahma Nabila             ( 20 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar