Jumat, 06 Oktober 2017

PENGANGGURAN PENYEBAB MASALAH SOSIAL LAINNYA



Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Kondisi seperti ini banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Pengangguran ini disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya, rendahnya kualitas sumber daya manusia, serta semakin bertambahnya jumlah anak yang putus sekolah.
Hingga saat ini, pengangguran merupakan salah satu masalah sosial yang belum teratasi secara tuntas. Pengangguran yang kian hari semakin bertambah dapat memberi dampak negative bagi lingkungan sosial serta dapat menjadi penyebab munculnya masalah sosial lainnya. Masalah sosial yang disebabkan oleh pengangguran diantaranya adalah kemiskinan, hal ini jelas akan terjadi karena para tuna karya tidak memiliki aktifitas yang dapat menghasilkan pendapatan untukmemenuhi kebutuhn hidup. Selanjutnya adalah kejahatan. Karena kurangnya iman dan taqwa dapat menybabkan para tuna karya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang termasuk diantaranya tindak kejahatan seperti merampok, mencuri, begal dan sebagainya. Selain itu, jika dilingkungan tempat tinggal kita banyak terdapat pengangguran tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan memengaruhi anak- anak yang masih bersekolah untuk tidak melanjutkan sekolah bahkan putus sekolah. Mereka juga akan melakukan hal-hal yang kita anggap tidak penting untuk dilakukan seperti melakukan perkumpulan di malam hari hanya untuk membicarakan hal yang tidak penting atau bahkan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat karena mereka tidak mempunyai aktifitas yang lain, hal ini jelas akan mengurangi kenyamanan tempat tinggal bahkan dapat mengurangi rasa aman dan nyaman di lingkungan tempat tinggal.
Melihat banyaknya dampak negative dari pengangguran sudah seharusnya kita mengurangi dampak dari pengangguran dan mencari cara untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari pengangguran itu sendiri. Beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya pemberian raskin bagi mereka yang kurang mampu, pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu, adanya kursus untuk menambah keterampilan sehingga diharapkan mereka dapat membuat usaha sendiri,pemberian bantuan modal usaha, serta penambahan lapangan pekerjaan.
NAMA :DITTA PUTRI SHOLEHAH (11)
               MUTIA SASTAFIANI          (24)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar