Jumat, 06 Oktober 2017

PENGARUH MEDIA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT




           
           Media Sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, dan forum. Saat ini, pengguna media sosial meliputi banyak kalangan, diantaranya pelajar, para orang tua, dan anak-anak yang masih dibawah umur. Media social menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Bahkan banyak dampak yang  timbul akibat media sosial.
Media sosial memiliki dampak yang sangat banyak. Pengaruh media sosial salah satunya yaitu melupakan waktu, memang ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan hanya dengan membuka smartphone, kemudian menjelajahi media sosial. Namun, karena saking asyiknya, terkadang Anda bahkan melupakan hal lain di dunia nyata, misalnya makan, belajar, mandi, membersihkan rumah, dan lain-lain. Ironisnya, bukan hanya melupakan aktivitas nyata saja, tetapi terkadang bahkan sampai timbul kemalasan beraktivitas.
Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan dan orang sekitar, terlalu terobsesi pada aktivitas di media sosial ternyata membuat seseorang tidak mempedulikan hal-hal dan orang lain di sekitarnya. Ya, memang beginilah keadaan pada zaman serba modern ini, bahkan beberapa orang merasa bahwa aktivitas di dunia maya lebih menyenangkan daripada aktivitas nyata.
            Menurunkan pengembangan emosional serta moral, kesibukan aktivitas di dalam media sosial ternyata melemahkan rasa emosional seseorang sebagai makhluk sosial, kurangnya kepedulian dengan orang lain merupakan contoh kecil dalam hal ini. Selain itu, perkembangan moral juga menurun, hal ini dapat diketahui dari gaya bicara, penampilan, dan tindakan.
            Membuat orang  semakin malas untuk berbicara, setiap bangun tidur 2 dari 5 orang di dunia akan mengecek sosial media nya terlebih dahulu sebelum memulai ber aktifitas, dan rata rata setiap orang di dunia menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam untuk sosial media. Sehingga orang lebih malas untuk berinteraksi dengan orang sekitar dan lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang yang di kenal nya di sosial media

            Penyelesaian dari pengaruh media sosial terhadap kehidupan masyarakat adalah seseorang yang kecanduan dengan media sosial sebaiknya  mengatur waktu untuk bersosialisasi. Mereka harus sering berinteraksi dengan orang lain dalam berkehidupan sosial masyarakat agar mereka tidak dikucilkan.
Nama anggota kelompok: Dian Agustina (09) dan Kiki Silvia P (16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar