Jumat, 06 Oktober 2017

PARKIRAN TAK RAPI, MAHASISWA PERLU KESADARAN DIRI



      Pada saat ini pengguna kendaraan bermotor semakin meningkat, tidak sedikit dari masyarakat berpergian menggunakan kendaraan bermotor mulai dari anak- anak, dewasa, dan tua. Dengan adanya pernyataan tersebut seharusnya diimbangi dengan penambahan lahan parkir disetiap lokasi yang akan dikunjungi oleh masyarakat tersebut.
    Fasilitas parkir dibangun bersama- sama dengan kebanyakan gedung, untuk memfasilitasi kendaraan pemakai gedung. Parkir merupakan salah satu unsur prasarana transportasi yang tidak terpisahkan dari sistem jaringan transportasi, sehingga pengaturan parkir akan mempengaruhi kinerja suatu jaringan, terutama jaringan jalan raya. Tidak semua pengembang pusat bisnis mampu menyediakan lahan parkir yang mencukupi.
      Di tempat-tempat umum seperti sekolah, kampus, tempat makan dan lain-lain yang memiliki tempat parkir umum jika diamati dengan seksama maka tempat parkir tersebut tidak rapi. Akibatnya, tempat-tempat tersebut menjadi kekurangan lahan untuk menampung banyak kendaraan dan keindahannya jika diamati terlihat tidak rapi. Faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu masyarakat kebanyakan memilih tempat parkir yang dekat dengan tempat yang dituju, hal tersebut dapat menjadikan tempat parkir menjadi sesak dan sempit. Dampak yang terjadi akibat hal tersebut ialah, banyak montor yang lecet akibat saling bergesekan satu sama lain karena antara kendaraan satu dengan yang lain saling berdempetan, sulitnya akses keluar masuk kendaraan karena jalan utama untuk jalan keluar masuk dari parkir tersebut menjadi tertutup karena daerah parkir yang kurang rapi.
    Upaya yang dapat dilakukan dari kejadian diatas yaitu, meningkatkan kerjasama dengan  mahasiswa supaya lahan parkir yang kondusif bisa terwujud dengan cara berkomunikasi untuk menciptakan solusi- solusi terbaik. Selain itu, seharusnya disediakan lahan parkir disetiap fakultas bagi mahasiswa, jangan hanya dosen yang disediakan fasilitas parkir, atau jika pihak kampus belum kepikiran kearah tersebut dapat dilakukan upaya lainnya yaitu dengan pembebasan lahan khusus parkir untuk parkir disekitar kampus. Atau dapat juga dengan pembagian jadwal sesuai dengan fakultas masing-masing. Agar solusi- solusi tersebut bisa terwujud perlu kesadaran dan kedisiplinan dari semua mahasiswa agar terwujud suatu parkiran yang rapi dan tertib terutama demi kepentingan bersama, bisa juga diberikan sanksi bagi  seorang  mahasiswa yang masih belum menerapkan kesadaran diri.

Nama : -Ervalia Zamilanti Zilca (13)
             -Senja Rahma                 (28)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar