Rabu, 11 Oktober 2017

KENAKALAN REMAJA




        Saat ini kenakalan remaja menjadi salah satu masalah yang serius di masyarakat. Kenakalan remaja adalah sebuah perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat. Remaja berperan penting untuk masa depan bangsa kita. Kemajuan bangsa dan negara bergantung pada remaja.
Umur remaja berkisar 13-17 tahun. Pada usia ini emosi remaja masih belum stabil. Ini dikarenakan keadaan remaja yang maisih membutuhkan bimbingan dari orang dewasa. Banyak faktor yang menyebabkan kenakalan remaja. Salah satunya kurangnya perhatian dari orang tua. Seharusnya orang tua dapat berperan penting dalam perkembangan remaja. Salah satu contohnya, banyak orang tua yang meninggalkan anaknya untuk berkerja ke luar negeri. Dengan adanya itu, akan menimbulkan kenakalan remaja.
       Selain itu, penyebab kenakalan remaja adalah lingkungan pergaulan yang buruk. Lingkungan pergaulan remaja yang buruk akan lebih cepat untuk terpengaruhi. Hal ini akan membuat remaja menjadi rusak. Remaja yang rusak akan mengarah menuju kegiatan yang negatif. Seperti merokok, memakai narkoba, tawuran, seks bebas, balap motor, dan pencurian.
      Perkembangan remaja harus diarahkan  ke arah yang positif dengan didampingi orang tua. Remaja harus diberi sosialisasi dampak buruk dari kenakalan remaja agar remaja menghindari hal-hal tersebut.
Remaja sebagai penerus bangsa dan negara harus memiliki sifat dan kepribadian yang baik, agar kelak bangsa kita menjadi lebih maju dimasa depan. 

BAGUS PRIYO PRAYOGO  (06)
M. ICHSAN NUR KARTABUANA (19)
NUR MUHAMMAD RUBIANSYAH (25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar