Rabu, 04 April 2018

Biografi Melly Goeslaw | X5 SMAN 1 GEGER


 Melly Goeslaw

Meliana Cessy Goeslaw atau yang biasa kenal dengan sebutan Melly Goeslaw lahir di Jakarta, 7 Januari 1974 adalah seorang penyanyi dan penuis lagu berkebangsaan Indonesia. Putri tunggal dari pasangan Ersi Sukaesih dan Melky Goeslaw serta istri dari Anto Hoed ini telah sukses menciptakan banyak lagu, ia pun seperti itu karena ia mengikuti darah yang mengalir dari ayahnya yang sangat ternama pada masa itu. Selain telah  mengorbitkan sebagai penyanyi, Melly Goeslaw juga seorang komposer yang sangat hebat, dia mampu menciptakan lagu-lagu yang tak kalah hebanya.
Sebelum dikenali umum sebagai Melly Goeslaw, ia bersama suaminya terlebih dahulu mendirikan grup musik potret yang mana Melly menjadi vokallis grup itu. Melly menikah dengan Anto Hoed pada tahun 1995 silam dan dikaruniai dua orang anak lelaki yang di beri nama-nama yang cukup unik. Anak pertama mereka Aankku Lelaki Hoed (Ale) lahir pada 22 Agustus 2000, disusul anak kedua mereka Pria Bernama Hoed (Abe) yang lahir 9 Mei 2003.
Pada tahun 2002, dia mendapatkan tawaran soundtrack dengan didampingi suaminya, Anto Hoed. Kini namanya sangat diperhitungkan dalam blantika dunia hiburan di Indonesia dan Malaysia. Ia jago menyanyi, membuat lagu, membuat sountrack film, akting (melalui video klipnya), menulis hingga menjadi produser film. Pikiran dan jiwanya seolah tak pernah berhenti memunculkan karya-karya baru yang tidak saja indah, ngetop, tetapi juga mendalam. Tanpa diasah, bakat itu tak pernah ada. Tanpa bekerja ekstra keras keberhasilan itu tak mungkin dirayakan. Begitulah Melly mewujudkan namanya hingga menjadi dirinya kini.
       Dulu setiap malam, Melly sering mengarungi labirin kesunyian. Melepaskan pikiran yang mengganggu tidurnya. Pikirannya suka menghayal ke mana-mana. Ini yang membuatnya nggak tidur-tidur, maka dari itu jadilah insomnia dengan selalu tidur di atas jam 3 pagi. Daya imajinasi Melly sampai sekarang datang dan kian membesar bila malam tiba, saat ia berada dalam kesendirian. Lalu iapun mengisi waktunya dengan nonton film dan membuka internet. Setelah itu,ia menulis. Menulis apa saja yang ada dalam pikirannya saat itu, atau mungkin hasil dari catatan harian yang telah ditulis dari ponselnya.

                        Saat membuat potret bersama suaminya dalam memperbaiki nasibnya. Melly dan Anto tidak mau hidupnya bergantung menjadi player yang bernyanyi di klub-klub. Yang akhirnya berkat kerja kerasnya bersama sang suami ia pun muncul dengan band 'Potret', pada pertengahan tahun 90-an silam. Lirik-lirik nakal yang dihadirkan oleh kelompok band ini, dengan segera disukai masyarakat.            
            Melly Goeslaw membuat album solonya yang Ke-3 yaitu berjudul "Mindnsoul", dan merupakan album kumpulan lagu - lagu Melly di album sebelumnya, dan album ini mengeluarkan 3 lagu baru dan 3 single yang sukses dipasaran seperti lagu "Let's Dance Together" , "Gantung" , dan "Risau". Tak lama kemudian Melly Goeslaw dan suaminya mendapatkan soundtrack yang berjudul "The Butterfly", singlenya sukses namun sayangnya Melly Goeslaw hanya mengeluarkan satu single saja yaitu, "Butterfly". Pada tahun 2008 pula, Melly telah menghasilkan dua buah lagu tema untuk film penuh fenomenal Ayat-Ayat Cinta diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy yang mana lagunya berjudul "Ayat-Ayat Cinta dan "Takdir Cinta" didendangkan oleh teman baiknya Rossa. Lagu "Ayat-Ayat Cinta" sangat menjadi fenomenal bukan sahaja di Indonesia malah di Malaysia. Muzik video lagu tersebut yang dimuat naik di laman you tube telah mencapai 6 juta tontonan. Pada tahun 2009, Melly Goelaw sekali menggarap soundtrack film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy yang yang berjudul "Ketika Cinta Bertasbih", film ini juga sangat fenomenal dan Melly mengeluarkan single "Ketika Cinta Bertasbih" didendangkan bersama pendatang baru; Amee , "Tuhan Beri aku Cinta" dinyanyikan oleh Ayushita, Dan "Menanti Cinta" dinyanyikan oleh Krisdayanti. Pada tahun berikutnya Melly Goeslaw mendapatkan 3 Soundtrack sekaligus yaitu "Heart 2 Heart", "Kabayan Jadi Milyuner", Dan "Love Story". Semenjak itu Melly Goeslaw sering disebut dengan julukan ""Si Ratu Soundtrack"" karna telah menggarap kurang lebih 10 Soundtrack dengan suaminya.
           
Pada tahun 2010, Melly Goelaw menghasilkan lagu tema kepada sinetron Dari Sujud Kesujud yang merupakan kesinambungan kepada film penuh fenomenal Ketika Cinta Bertasbih. Pada tahun 2012, Melly juga telah menghasilkan soundtrack untuk 3 buah film yaitu Brokenhearts, 18++ Forever Love dan Cinta Suci Zahrana (film). Namun, Melly hanya menghasilkan single dan bukannya album. Melly telah menghasilkan sebuah lagu khusus untuk film Brokenhearts yang juga berjudul "Brokenhearts" , dinyanyikan Acha Septriasa bersama Reza Rahadian.
                                                                                                                                       
Seterusnya, Melly juga telah menghasilkan lagu tema kepada film terbaru arahan Nayato Fia Nuola yang berjudul Apa Ini Cinta?. Sebuah fim yang diinspirasi dari komik-komik Japan. Namun, lagu tema film tersebut didendangkan oleh anak didiknya; Ayushita dari grup musik Bukan Bintang Biasa yang juga berjudul "Apa Ini Cinta?" persis filmnya. Pada tahun ini juga, khabarnya Melly dan suaminya bakal menggarap musik dan lagu tema dari film adaptasi dari novel best-seller Indonesia karya Tere-Liye yang berjudul Moga Bunda Disayang Allah lakonan Fedi Nuril dan Shandy Aulia yang bakal beredar dibioskop pada lebaran tahun ini. Setelah menghasilkan single yang berjudul "Akibat Pernikahan Dini", Melly menghasilkan sebuah single lagi kepada Nikita Willy yang berjudul "Surat Kecil Untuk Tuhan". Lagu tersebut akan dijadikan lagu tema kepada sinetron Surat Kecil Untuk Tuhan The Series. Pada tahun ini juga, Melly Goeslaw telah diplih menjadi sebagai salah satu tenaga pengajar kepada sebuah rancangan realiti penuh fenomena di Malaysia yaitu Akademi Fantasia untuk musim ke-10. Melly dipilih berdasarkan prestasi hebatnya di dunia seni. Selain itu, lagu-lagu ciptaannya juga berjaya menuai perhatian rakyat Malaysia.


ARNADA ROZITA (03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar