Rabu, 04 April 2018

Biografi Putri Erwin Gutawa yang Cerdas dan Berprestasi | X5 SMAN 1 GEGER


Putri Erwin Gutawa yang Cerdas dan Berprestasi



Aluna Sagita Gutawa atau yang biasa dikenal Gita Gutawa adalah seorang aktris, seorang penyanyi yang memiliki ciri khas, dan penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Gita Gutawa lahir di Kota Jakarta, 11 Agustus 1993. Ia merupakan putri pertama dari dua bersaudara (Aura Aria Gutawa, adik), ayahnya adalah seorang musisi berbakat Erwin Gutawa dan ibunya bernama Lutfi Andriani. Sejak kecil Gita Gutawa suka melihat pertunjukkan musik ayahnya, dan sudah diperkenalkan dengan dunia musik oleh kedua orang tuanya.
Sejak duduk di bangku kelas 2 SD Guta Gutawa sudah mulai belajar bermain piano klasik di Yayasan Musik Jakarta. Di samping itu ia juga mempelajari piano, jazz, dan gitar. Sementara itu, Gita berguru vokal dengan Aida Swenchen (PSAI) dan Catharina Leimena. Saat memasuki sekolah menengah pertama ia menganggap jika “menghadiri sekolah biasa lebih menarik”, mempunyai banyak teman, dan mempunyai kesempatan untuk bersosialisasi. Bahkan saat menempuh pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama ia terpilih menjadi siswa terbaik selama 5 tahun terturut-turut. Setelah lulus SMP, Gita melanjutkan ke SMA Bina Nusantara. Pada tahun 2009, terpilih oleh Sampoerna Fondation oleh perusahaan investasi Sampoerna Strategic, sebagai duta muda pertama yang ikut berperan secara langsung dalam pengambilan keputusan perusahaan.
Gita Gutawa pernah berduet bersama vokalis “Ada Band” yang albumnya terjual sebanyak 800.000 copy. Setelah berduet dengan beberapa penyanyi lainnya seperti, Haddad Alwi, ia ditawari untuk merekam album solo oleh Sony Music Indonesia. Setelah masa produksi selama kurang lebih 1 tahun, album debutnya yang bertajuk Gita Gutawa dirilis pada Februari 2007. Album ini terjual sebanyak 150.000 copy dalam waktu 4 bulan dan meraih sertifikat triple platinum. Kesuksesan album ini membuat jadwalnya dibanjiri oleh banyak tawaran untuk tampiil di media dan membintangi iklan. Ia mulai bernyanyi di beberapa festival musik.
Pada tahun 2008 ia berhasil menjuarai Festival Lagu Internasional Nile Children ke-6 di Kairo, Mesir. Gita mulai memproduksi album kedua, yaitu Harmoni Cinta pada bulan Juni 2008. Sebagian hasil dari penjualan album Harmoni Cinta akan digunakannya untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia yang hidup dalam kemiskinan. Melalui Sampoerna Foundation tahun 2009 Gita terpilih menjadi Duta Pendidikan Sampoerna Foundation. Ia juga terpilih menjadi Duta Budaya Indonesia untuk tampil di Seoul pada Juni 2009, dengan memeperkenalkan budaya yang ada di Indonesia. Album ketiganya Balada Shalawat ini dirilis pada bulan Ramadhan dan keuntungannya disumbangkan kepada rakyat miskin di Indonesia. Pada saat melakukan wawancara dengan Jakarta Globe pada tahun 2011, Gita mengatakan jika ia akan tetap melanjutkan kegiatan bernyanyi sebagai hobi meskipun hal tersebut  sudah menjadi kariernya. Gita seringkali memperoleh inspirasi dari pengalamannya sendiri, serta dari teman-temannya.
Penghargaan-penghargaan yang ia peroleh dari tahun 2007-2010 diantaranya, SCTV Awards - Sebagai Penyanyi Ngetop, International Nile Child Song Festival - Grand Prize, SCTV Awards - Album Terbaik, Anugerah Musik Indonesia - Artis Pendatang Baru Terbaik, Anugerah Musik Indonesia - Album Terbaik Indonesia, dan penghargaan Kids Choice Awards - Penyanyi Wanita Terfavorit selama 2 tahun berturut-turut.
Kecermerlangan kariernya lantas tidak membuat Gita Gutawa melupakan pendidikannya. Ia juga berhasil mengantongi gelar S1 dan S2 dalam waktu singkat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 tahun (2011-2015). Serta mendapatkan beasiswa master di London School of Economics and Political Science setelah menyelesaikan studi S1 di University of Birmingham, Inggris. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaannya sejak kecil yakni tidak melupakan pendidikan meskipun sibuk menyanyi. Maka, tidak heran jika dirinya mantap untuk melanjutkan pendidikan di Inggris.
            Seusai menjalani pendidikan di luar negeri, kini ia kembali fokus pada karirnya sebagai penyanyi. Gita merilis album baru pada tahun 2017. Ia terakhir menulis album pada tahun 2014 lalu yang berjudul The Next Chapter. Sosok Gita Gutawa sepertinya memang tidak bisa lepas dari dunia musik. Bukan hanya beryanyi, kini dirinya tengah sibuk membuat sekolah musik. Proyek ini sebenarnya adalah milik sang ayah, Erwin Gutawa. Gita mengaku hanya membantu sejak 2016 lalu dan ditargetkan selesai pada tahun 2017.


ALFI MUFIDAH (02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar